Minggu, 24 Juni 2012

Business Center TKJ SMK Komputama

Salah satu dari sekian banyak alternatif terobosan yang bisa dilakukan setiap sekolah melalui program keahlian yang dimilikinya, adalah menyelenggarakan dan mengoptimalkan Bisnis Center yang aplikatif, kompetitif dan bernilai jual sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada institusi sekolah, siswa dan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bisnis Center TKJ SMK Komputama Majenang adalah sarana untuk belajar berwirausaha di lingkungan sekolah menengah kejuruan khususnya dalam bidang teknik komputer dan jaringan, dengan adanya bisnis center ini di harapkan dapat membantu menjadikan sekolah sebagai Institusi Wirausaha yang mampu mengelola modal yang di berikan menjadi lebih baik.

Tujuan Penyelenggaraan Business Center TKJ
  1. Melakukan optimalisasi sarana dan media di sekolah sehingga manfaatnya berdampak langsung kepada masyarakat berbentuk produk dan jasa layanan.
  2. Menjadi simulasi pembelajaran yang aplikatif bagi siswa dalam menerapkan keilmuan sesuai disiplin ilmu Teknik Komputer dan Jaringan.
  3. Mengasah jiwa kewirausahaan / entrepreneurship warga sekolah khususnya program keahlian TKJ, guru, siswa dan lulusan sehingga bisa mendatangkan profit, yang bersifat material maupun pengalaman. 
  4. Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan bagi warga sekolah.
Visi Business Center TKJ
  1. Menciptakan perusahaan berbasis sekolah yang sustainable, kokoh dan komptetitif 
  2. Memberi nilai peningkatan kesejahteraan kepada warga sekolah
Misi Business Center TKJ
Adapun misi–misi yang dicanangkan dalam rangka mencapai visi diatas adalah :
  1. Mengoptimalkan potensi program keahlian menjadi prospek bisnis yang menguntungkan bagi semua pihak. 
  2. Membangun kemitraan dan kebersamaan dalam kekeluargaan untuk mengembangkan Unit Produksi dan Jasa. 
  3. Menciptakan budaya kerja yang transparan dan profesional berkeadilan dalam menjalankan perusahaan. 
  4. Menjalankan administrasi yang akuntabil, sistematis, terencana dan berkelanjutan dan memberikan peningkatan kesejahteraan bagi warga sekolah. 
  5. Melakukan usaha – usaha quality improvement dalam lembaga Unit Produksi dan Jasa. 
  6. Melaksanakan konsep pelayanan prima demi kepuasan pelanggan.
Sasaran Business Center TKJ
Adapun sasaran dari hasil produksi dan jasa meliputi :
  1. Warga intern sekolah 
  2. Institusi pendidikan lain
  3. Instansi pemerintah dan swasta
  4. Masyarakat umum
Bentuk Layanan
Layanan yang disediakan oleh Business Center TKJ dibagi ke dalam lima divisi pelayanan, yaitu :
  1. Diklat Komputer : membuka diklat/ kursus dengan materi office, desain grafis dan web desain.
  2. Diklat Perakitan Komputer : membuka diklat/ kursus merakit komputer.
  3. Technical Support : melaksanakan pelayanan jasa dan penjualan produk dan jasa maintenance komputer dan peripheral. 
  4. Networking : perencanaan, pengadaan dan maintenance sistem jaringan local/ hotspot, dan pembuatan server.
  5. Layanan Jual beli : meliputi penjualan PC, laptop, netbook dan periferal komputer. 

0 komentar: