Sabtu, 09 Juni 2012

Klasifikasi komputer

Materi selanjutnya setelah kita belajar mengenai definisi komputer adalah mengenal klasifikasi komputer berdasarkan kriteria tertentu. Barangkali perlu diulas sedikit materi yang pernah di ulas sebelumnya bahwa secara garis besar komputer merupakan suatu alat pengolah data yang digunakan untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pemakai. Untuk mewujudkan konsep kerja dari komputer itu maka diperlukan sistem yang bisa mengolah informasi tersebut yaitu sistem komputer dimana dalam sistem tersebut terdapat 3 elemen penting yang saling terkait dan membentuk satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Ketiga elemen itu yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Masih bisa mengikuti??? OK kita kembali ke pokok pembahasan yang akan kita pelajari bersama-sama. Berdasarkan literatur terbaru tentang komputer bahwa komputer diklasifikasikan berdasarkan 3 hal, yaitu data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya.

Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan Penggunannya
  1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer), digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special-purpose pada awalnya merupakan general-purpose yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.  
  2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer), digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaan.

Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
  1. Komputer Mikro (Micro Computer)
  2. Komputer Mini (Mini Computer)
  3. Komputer Mainframe (Small Computer)
  4. Komputer Super (Super Computer)
Berdasarkan Generasinya
  1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  5. Komputer Generasi Kelima
sumber :
Achmad Mukahar, S.Kom
Guru Produktif TKJ SMK Komputama Majenang

0 komentar: